Trik Transaksi Properti yang Perlu Diketahui

Pembahasan kita sekarang ialah trik transaksi properti yang perlu diketahui. Transaksi properti adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang baik sewa menyewa dan jual beli transaksi. Transaksi ini menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan yang dipunyai baik bertambah ataupun berkurang. Misalnya menjual rumah, membeli tanah, membayar sewa apartemen, dll..

Trik Transaksi Properti

Trik Transaksi Properti Pebisnis Sukses

Berikut beberapa hal terkait trik transaksi properti baik itu sewa menyewa ataupun jual beli.

Menjual Properti Tanpa Perantara / Agen

Trik transaksi properti yang pertama. Dengan berbagai alasan pemilik bisa jadi tidak menggunakan jasa agen saat akan melakukan transaksi propertinya. Ada beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian seorang saat mau menjual propertinya, yaitu:

1. Penentuan harga jual

Harga jual properti hendaknya disesuaikan dengan harga pasar. Sehingga ia bisa mendapatkan harga yang tepat.

2. Mencari pembeli yang potensial

Pemilik properti mesti mencari orang yang mau sungguh-sunguh untuk membeli propertinya. Karena biasanya ada saja orang yang cuma iseng, mereka sesungguhnya tidak punya rencana untuk membeli properti.

3. Melakukan promosi

Promosi ini dilakukan buat menarik minat masyarakat pada properti yang mau dijual. Promosi ini bisa memakai media massa apakah itu elektronik maupun cetak. Atau bisa juga dengan memasang spanduk di lokasi-lokasi yang strategis, dimana lokasi tersebut selalu dilewati banyak orang. Semisal di pinggir jalan. Promosi menjadi bagian dari trik transaksi properti yang menguntungkan.

4. Aspek legalitas

Untuk menghindari adanya kerumitan dalam transaksi, berbagai macam dokumen yang berhubungan dengan properti tersebut perlu dipersiapkan dengan matang. Biasanya calon pembeli selalu memperhatikan aspek ini sebab enggan dan takut berurusan dengan hukum nantinya. Calon pembeli dengan mudahnya membeli jika semua dokumennya lengkap.

Jurus Jitu dalam Penjualan Properti

Bisnis properti merupakan bisnis kompetitif. Pemilik properti mesti cerdas agar tetap bisa eksis dan survive di pasar properti. Dia harus bersaing dengan pemilik properti yang lain dalam menjual properti. Karena itu, ia memerlukan trik atau jurus jitu agar propertinya laku dengan cepat dan mudah terjual.

Beberapa trik transaksi properti yang penting adalah sebagai berikut:

1. Mematok harga yang realistis

Mematok harga dengan harga yang wajar. Harga yang wajar adalah harga tertinggi bagi si pembeli. Untuk mendapatkan harga yang wajar, harus mengetahui harga pasaran properti yang sudah terjual.

2. Mengkondisikan properti

Hal tersebut harus dilakukan sehingga memberikan kesan pertama yang baik. Karena kondisi properti jadi hal yang begitu penting dan urgen untuk mempengaruhi minat para pembeli. Asri dan atraktif memudahkan pembeli jatuh hati terhadap properti itu.

3. Lihai dalam melakukan promosi

Penting untuk memilih media yang tepat untuk berpromosi. Adapun cara promosi yang akurat yaitu melalui iklan di media massa, spanduk, brosur, sosial media serta open house. Trik transaksi properti ini biasanya dilakukan oleh agen sehingga lebih banyak mendapatkan calon pembeli yang potensial.

4. Mempertimbangkan lokasi

Dalam mematok harga perlu mempertimbangkan lokasi properti. Kalau lokasinya jauh dari pusat keramaian maka sebaiknya patokan harga tak boleh terlalu tinggi.

Kewajiban Pemilik dan Penyewa Properti dalam Perjanjian Sewa Menyewa Properti

Trik transaksi properti berikutnya. Dalam bisnis properti selain transaksi jual-beli, ada juga aktivitas sewa-menyewa properti yang dikenal dengan perjanjian sewa menyewa. Perjanjian sewa-menyewa adalah suatu perjanjian antara pemilik properti yang memberikan kepada pihak lainnya selama suatu waktu tertentu dengan sebuah kesepakatan harga dan kesanggupan pembayaran. Dalam kesepakatan itu juga dipaparkan apa saja hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Kewajiban pokok pemilik properti yang mau menyewakan propertinya adalah sebagai berikut:

  • Menyerahkan properti yang disewakan kepada si penyewa.
  • Memastikan kenyamanan properti yang disewakan selama berlangsungnya persewaan.
  • Menjamin bahwa dalam sewa-menyewa properti tersebut tidak akan diganggu oleh pihak lain.

Sedangkan kewajiban utama penyewa properti adalah

  • Membayar harga sewa tepat pada waktunya sesuai dengan perjanjian.
  • Mengembalikan barang / properti pada akhir masa sewa dalam keadaan utuh.
  • Membayar tagihan listrik, air, telepon, dan iuran kebersihan selama menempati properti yang disewakan hingga berakhirnya waktu sewa.
  • Menggunakan barang/properti yang disewa sesuai dengan fungsi barang/properti itu menurut perjanjian.

Ketentuan-ketentuan terkait sewa menyewa properti (bagian dari trik transaksi properti)

  • Peraturan Pemerintah (PP) No. 49 tahun 1963 tentang hubungan sewa-menyewa perumahan.
  • PP No. 55 tahun 1981 tentang perumahan sebagai perubahan atas PP no. 49/1963.
  • Keputusan Menteri PU no. 417/KPTS/1985 tentang penetapan sewa untuk rumah negeri,
  • Keputusan Bersama Menteri Sosial dan Menteri Dalam Negeri No. 15 tahun 1982, No. 168 tahun 1982 tentang tata cara penyelesaian perkara-perkara sewa-menyewa perumahan atau penggunaan perumahan yang sudah diputus tetapi putusannya belum dilaksanakan.
Faktor Penentu Harga Sewa Properti

Trik transaksi properti selanjutnya. Sekarang harga sewa properti lebih ditentukan oleh pasar. Pemilik properti memasang harga sewa yang agak mahal tetapi si penyewa memiliki penilaian tersendiri sehingga kesepakatan tidak bisa terjadi. Lantas, faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga sewa sebuah properti?

Harga sewa suatu properti sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini:

1. Lokasi: strategis atau tidak

Faktor yang sangat menentukan nilai suatu properti adalah di mana properti itu berada / posisi atau lokasi properti. Nilai sewa rumah akan tinggi kalau lokasinya sangat strategis, misalnya dekat pusat perniagaan, fasilitas umum atau daerah-daerah favorit sebagai daerah hunian / tempat tinggal yang aman dan nyaman.

2. Kualitas Properti

Kualitas mencakup arsitektur rumah, luas, mutu bahan dan umur bangunan. Kesemuanya ini mempunyai korelasi positif terhadap harga sewa. Makin tinggi kualitas dari bangunan properti maka makin mahal harga sewanya. Sebaliknya makin rendah kualitas bangunan properti maka nilai sewanya pun akan murah. Ini bisa dijadikan trik transaksi properti yang bagus bila ingin jadi pebisnis properti yang sukses.

3. Fasilitas

Rumah dengan fasilitas yang lengkap seperti taman, kolam renang, telepon, water heater, saluran parabola, sistem ruangan ber-AC maupun kelengkapan furniture, tentunya mempunyai harga sewa yang tinggi.

4. Rumah dilihat dari segi keberuntungan

Bagi kalangan tertentu rumah yang menghadap ke arah tertentu dipercaya akan membawa keberuntungan bagi penghuninya semisal rumah yang menghadap ke timur. Karena itu arah pintu utama rumah juga turut menentukan harga jual-beli atau sewa properti. Begitu pun letak ruangan-ruangan di dalam properti juga memengaruhi sikap calon pembeli / penyewa.

Dokumen yang Harus Dibawa ke PPAT Sebelum Transaksi

Trik transaksi properti seterusnya. Supaya tidak mengalami kerumitan dan kesulitan dalam penandatangan perjanjian jual-beli di hadapan PPAT / notaris, maka baik itu pihak pemilik properti maupun pembeli properti harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan saat penandatanganan perjanjian jual-beli.

Dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan tersebut meliputi:

  • Copy KTP suami dan istri bagi yang sudah berkeluarga.
  • Copy surat nikah / surat cerai (jika sudah menikah / bercerai).
  • Akta jual beli asli rumah / tanah terdahulu.
  • IMB asli,
  • Sertifikat asli atas rumah dan tanah (HGB / SHM).
  • Siteplan properti (asli).
  • Denah rumah atau blue print (asli).
  • Bukti pembayaran dan pelunasan PBB lima tahun terakhir (asli).
  • Bukti pembayaran tiga bulan terakhir seperti tagihan listrik, telepon, PAM dan iuran lingkungan / Warga (asli).
  • Copy kartu keluarga (KK).
Faktor yang Menjadi Pertimbangan bagi Pembeli

Trik transaksi properti lainnya. Membeli properti sekarang ini perlu kecermatan. Umumnya, pembeli dapat memperoleh rumah yang bagus dan nyaman dengan harga terjangkau. Sebaliknya, bila tidak cermat, properti yang dibeli jauh dari yang diharapkan sebelumnya. Untuk itu ada beberapa faktor yang dapat menghindari pembeli dari pelbagai masalah.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan tersebut antara lain:

a. Faktor lokasi (strategis)

Faktor lokasi dalam membeli rumah adalah salah satu prioritas yang perlu dipertimbangkan. Lokasi rumah yang mudah dijangkau dengan sarana transportasi, lingkungan yang aman dan nyaman serta dekat dengan fasilitas-fasilitas umum, merupakan lokasi yang diidamkan setiap orang.

b. Faktor bangunan

Faktor ini menyangkut luas tanah dan bangunan, beserta dengan unsur-unsur bahan, umur, desain, dan tata letak bangunan.

c. Faktor harga

Pastikan bahwa harga rumah itu sesuai dengan kondisi keuangan yang ada. Maka dari itu, sebaiknya melakukan penelusuran / riset kecil, seperti membaca majalah dan surat kabar untuk mempelajari harga pasaran rumah. Selain itu, penting juga berkonsultasi dengan teman-teman atau keluarga mengenai rumah yang diinginkan atau dapat menghubungi agen properti.

Semakin luas pengetahuan mengenai rumah yang akan dibeli, keputusan untuk membeli rumah semakin lebih baik. Pelajari mengenai harga properti sebagai trik transaksi properti masa depan.

d. Faktor pengembang

Membeli rumah yang dibangun oleh suatu pengembang banyak menguntungkan. Di antaranya: kondisi rumahnya dalam keadaan baru dan segala sesuatu yang berkaitan dengan hak, status dan administrasi kepemilikan rumah telah dilengkapi oleh pengembangnya. Akan tetapi, dalam memilih pengembang perlu selektif.

Dari sekian banyak pengembang pasti ada saja pengembang yang melakukan penawaran indent yaitu calon konsumen diwajibkan membayar down payment (DP) dahulu sementara fisik rumah belum dibangun dan masih dalam rencana pembangunan.

e. Faktor fasilitas dan utilitas

Seandainya membeli rumah baru dari pengembang perlu memperhatikan juga ketersediaan fasilitas (jalan lingkungan, taman, sarana bermain anak-anak dan sejenisnya)dan utilitas (jaringan listrik, air, telepon dan pembuangan limbah).

f. Faktor prospek

Membeli rumah berarti berinvestasi. Prospek rumah yang baik adalah lokasinya berada pada suatu wilayah yang akan berkembang sesuai dengan rencana tata kota. Harga tanah dan bangunan tentunya meningkat seiring perkembangan wilayah tersebut.

g. Faktor kelengkapan dokumen / legalitas

Kelengkapan dokumen berupa akta jual-beli (AJB) yang jelas dan terang, surat-surat hak atas tanah (sertifikat) dan izin membangun bangunan (IMB) merupakan dokumen yang harus dimiliki ketika membeli rumah. Kesemuanya itu merupakan kekuatan hukum atas tanah dan rumah nantinya bagi penghuni properti tersebut.

Waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah

Trik transaksi properti mengenai waktu pembelian rumah. Kadang-kadang pembeli rumah mengalami kebingungan mengenai kapan ia harus membeli rumah. Hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor financial atau faktor lainnya. Jika pada suatu saat memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah sebenarnya tidak ada alasan bagi pembeli untuk menundanya. Namun, jika tidak memiliki dana yang cukup sebaiknya ditunda dahulu sambil mempersiapkan keuangannya.

Sebagai pembeli tentunya harga yang diinginkan berada pada ceiling price / batas harga yang sanggup dibelinya. Bahkan pada kondisi tertentu para pembeli berharap memperoleh harga yang relatif murah atau di bawah harga pasar yang wajar. Dalam trik transaksi properti ini, ada tiga kondisi yang membantu pembeli mendapatkan harga yang relatif murah, yakni:

1. Si pemilik membutuhkan uang

Dalam keadaan tertentu seorang pemilik rumah terkadang membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup besar dan dalam waktu sesegera mungkin. Keadaan yang mendesak seperti itu membuatnya rela menjual rumahnya dengan harga di bawah harga pasar. Kondisi ini bagi si pembeli sangat bagus untuk tawar menawar supaya memperoleh harga yang diharapkan.

2. Promosi pengembang

Umumnya pengembang memberikan potongan harga dalam rangka promosi penjualan produk propertinya. Pastinya harga yang ditawarkan saat promosi relatif berada di bawah harga normal untuk menarik pasar. Salah satu trik transaksi properti yang menguntungkan adalah ketika ada promosi dari developer properti.

3. Perekonomian yang tidak menentu

Hampir sudah bisa dipastikan bahwa tiap negara mengalami keadaan lesu atau dilanda resesi dalam perekonomiannya. Hal ini berakibat pada tingginya tingkat inflasi, sektor industri yang macet dan banyaknya angka pengangguran.

Dan itu merupakan dampak yang sangat dirasakan oleh masyarakat berincome rendah. Apa lagi pada saat bersamaan timbul kebutuhan lain yang sangat mendesak. Pada keadaan demikian penjual akan menjual rumahnya dengan harga murah. Pada kondisi inilah waktu yang tepat untuk membeli properti seperti rumah.

Pertimbangkan saat Meninjau Rumah yang akan Dibeli

Trik transaksi properti tentang pertimbangan. Biasanya pembeli sebelum membeli suatu rumah melakukan peninjauan terhadap rumah tersebut. Tujuannya agar pada saat menempati rumah itu, pembeli dan keluarganya akan merasa nyaman dan tentram.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Kapasitas rumah. Apakah rumah tersebut cukup besar untuk keluarga saat ini dan pada masa yang akan datang?
  • Arsitektur dan tata letak. Apakah tata letak rumah itu cocok untuk keluarga?
  • Apakah ada tempat untuk menyimpan barang-barang?
  • Kapasitas garasi. Apakah mencukupi?
  • Keadaan rumah. Apakah pada saat menempati rumah nanti memerlukan renovasi besar atau tidak?
  • Luas halaman cocok dengan yang diinginkan.
  • Jumlah kamar mandinya apakah cukup untuk seluruh anggota keluarga?
  • Perawatan atau penambahan dekorasi apa yang mesti dikerjakan segera?
  • Sumber air bersih berupa air tanah / air PAM.
  • Daya listriknya, mencukupi atau tidak.

Peluang Bisnis Property

Segera daftarkan diri Anda jadi Marketing Freelance kami

Sekian informasi tentang trik transaksi properti yang perlu diketahui, semoga post kali ini berguna untuk Anda. Tolong post transaksi properti ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *